MEMILIH MEDIA TANAM TERBAIK UNTUK HIDROPONIK

Jika pada artikel sebelumnya membahas mengenai cara membuat sistem Hidroponik, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi media tanam apa yang paling bagus dan cocok untuk sistem polybag?Sehingga Anda akan mendapatkan referensi yang tepat untuk bercocok tanam dengan sistem Hidroponik. Berikut ini beberapa media tanam yang bisa Anda jadikan pilihan:

  1. Arang Sekam
    Arang sekam menempati posisi paling atas karena memang menjadi pilihan populer dan banyak yang menggunakannya sebagai media sekam. Didalam arang sekam terdapat zat yang lumayan banyak untuk melengkapi kebutuhan tanam, seperti komponen kimiawi berupa protein kasar, abu, lemak, serat, kadar air, oksigen, karbohidrat, hidrogen dan silika.

Keunggulan dari anang sekam adalah adalah harganya yang murah, steril, dan efektif untuk menunjang pertumbuhan pada tanaman.

  1. Spons
    Untuk media tanam spons ini biasanya banyak digunakan oleh pecinta tanaman hias.
  2. Spons
    Spons dikenal baik oleh orang-orang yang telah lama melakukan budidaya tanaman hias. Siapa yang sangka dengan bobot ringan yang dimilikinya, spons memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan media tanam yang lain. Spons mampu menyimpan air selama dua minggu, dan memiliki kekebalan yang baik melawan jamur. Banyak yang sudah membuktikan bahwa tanaman yang menggunakan media spons memiliki pertumbuhan yang prima dan tumbuh lebih subur tanpa memerlukan adaptasi terlebih dahulu.
  3. Expanded Clay

Bagi Anda yang belum tahu, expanded clay atau hidroton merupakan produk dari tanah liat yang termasuk ke dalam macam-macam media tanam hidroponik terbaik. Hidroton diperoleh melalui proses pemanasan dengan suhu mencapai lebih dari 1000 derajat C. Media tanam yang satu ini sangat populer di kalangan petani hidroponik di Jerman.

Expanded Clay atau hidroton dianggap sebagai media tanam yang praktis dan mudah diimplementasikan karena mempunyai bentuk berupa bulatan-bulatan lempung berukuran kecil seperti kelereng. Expanded clay (hidroton) sebagai media tanam mempunyai banyak kelebihan untuk membudidaya tanaman secara hidroponik seperti kemampuannya menyimpan kandungan air bersih dengan baik, pH netral, stabil, serta memiliki aerasi yang terbilang sempurna.

4. Serbuk sabut kelapa atau cocopeat
Salah satu media tanam organik yang banyak digunakan yaitu sabut kelapa ini. Media tanam ini sudah di temukan dari sejak lama dan menjadi alternatif media tanam yang baik, termasuk untuk sistem Hidroponik.

Baca juga manfaat keren dari tanaman hias

Kelebihan dari sabut kelapa ini adalah daya tampungnya yang tinggi karena serabut sabut kelapa bisa menyimpan air hingga 73% atau 6 sampai 9 kali lipat dari volumenya. Menggunakan serbuk sabut kelapa bisa membuat kita hemat air dan jarak penyiraman yang dilakukan bisa lebih panjang.
Itulah ketiga media tanam yang paling banyak digunakan untuk sistem Hidroponik di Indonesia. Sebenarnya masih banyak media tanam lain yang bisa digunakan, seperti expanded clay, rockwool, perlit, vermi kulit, tanah dan masih banyak yang lainnya.

Namun kami hanya membahas tiga diatas karena berdasarkan yang paling banyak digunakan oleh pelaku sistem Hidroponik. Demikian artikel dari kami semoga bisa menjadi referensi bagi Anda untuk menjalankan bercocok tanam dengan sistem Hidroponik. Selamat mencoba!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>