KANDUNGAN GIZI KANGKUNG SERTA 7 MANFAAT KANGKUNG YANG JARANG DIKETAHUI

Saat kita berada di sebuah restoran atau tempat makan lainnya yang menyediakan menu Indonesia, menu kangkung berupa tumis atau sayur bening kangkung pasti tidak pernah terlewat di daftar menu yang disediakan. Kangkung merupakan jenis sayuran yang paling sering dijadikan menu masakan, karena murah dan memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk tubuh.

Beberapa kandungan gizi yang bisa dimanfaatkan oleh tubuh adalah :
 Zat besi, yang berfungsi untuk membawa oksigen dan mengedarkannha ke seluruh tubuh, serta membantu proses pembentukan hemoglobin baru.
 Protein, untuk regenarasi sel baru dan menjaga fungsi metabolisme dalam tubuh.
 Vitamin A dan C, untuk menjaga kesehatan mata, penyembuhan luka, mencegah kanker, pembentukan sperma dan pembentukan plasenta untuk ibu hamil.
 Lemak, Karbohidrat dan kalsium, untuk pembentukan sel, menjaga metabolisme, dan membentuk energi yang baik untuk tubuh.
 Vitamin B1, mampu mencegah katarak dan membantu sistem kerja otak., serta membantu produksi sel darah merah.

Baca juga Manfaat dari Tanaman Hias yang biasa ada dirumah

Dari beberapa kandungan gizi diatas maka dapat disimpulkan ada 7 manfaat yang didapatkan setelah mengkonsumsi kangkung. Diantaranya:

  1. Mengatasi insomnia.
    Menyantap tumis kangkung dan nasi bisa membantu kita untuk memicu otak agar merasa mengantuk, karena ada kandungan karbohidrat dan lemak didalamnya. Sehingga bagi penderita insomnia bisa mencoba langkah ini untuk mengatasi insomnia
    yang d alaminya.
  2. Mencegah dan mengobati Sariawan
    Seperti yang dijelaskan diatas kangkung memiliki kandungan vitamin C yang bisa mencegah dan mengobati sariawan.
  3. Mengurangi kadar Kolesterol dalam tubuh
    Kolesterol dalam tubuh bisa diatasi dengan mengkonsumsi kangkung ini. Karena kandungan dalam kangkung bisa mengikat kolesterol jahat dalam tubuh, dan mengeluarkannya saat terjadi proses metabolisme tubuh.
  4. Mengobati penyakit kuning
    Penyakit kuning yang menyerang kesehatan hati bisa diobati dengan mengkonsumsi kangkung ini karena kandungan pada kangkung yang bisa memberikan perlindungan terhadap kerusakan hati.
  5. Mencegah Anemia
    Zat besi dan fosfor memang terdapat pada sayuran kangkung sehingga bisa membantu kita dalam mengatasi dan mencegah penyakit anemia menyerang tubuh.
  6. Mengatasi masalah pencernaan
    Salah satu contoh masalah pencernaan yang bisa diatasi dengan mengkonsumsi kangkung, adalah sembelit. Kandungan serat danineral dalam kangkung bisa membantu mengatasi masalah pencernaan ini.
  7. Mencegah resiko diabetes
    Adanya kandungan antioksidan dalam kangkung bisa mencegah oksidasi berkembang pada sel – sel tubuh, terutama pada ibu hamil dan janninnya. Oksidasi sendiri adalah zat yang bisa pemicu diabetes. .

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>