Jual Bibit Mangga Mahatir

Pada dasarnya jenis Mangga Mahatir ini merupakan mangga asli dari negeri jiran Malaysia,dan kemungkinan tersebar di indonesia ini berkat jasa dari para TKI yang bekerja di negara malaysia. Mereka inilah yang berperan besar dalam memasukkan dan memperkenalkan varian mangga mahatir ke Indonesia.

http://www.hostipics.net/jual-bibit-manggis/

Buah mangga mahatir ini sebenarnya sudah tersebar cukup lama di Indonesia, namun buah ini hanya dapat ditanam sebagai tanaman buah koleksi bagi para penghobi tanaman maupun penghobi jenis tanaman hias,kebanyakan mangga mahatir ini sering ditanam oleh mereka yang sering keluar masuk ke negara Malaysia.

Hal itu terjadi entah karena pekerjaannya maupun mereka yang mencari dan juga mendapatkan bibit dari para TKI yang bekerja di Malaysia, dengan demikian maka kasusnya sama persis dengan saat durian jenis D24,sawo jumbo CikuMega 19, dan durian D197 alias durian Musangking dimasukkan dan pada akhirnya dikenalkan pertama kali ke Indonesia.

Terlebih nama itu juga syarat akan personifikasi sesosok yang menggambarkan mangga mahatir sebagai mangga yang berukuran besar,mengikuti nama besar mantan Perdana Menteri Malaysia, Mahatir Muhammad.

Daun mangga mahatir ini memang sangat khas,yakni berukuran cukup panjang dan juga agak sedikit lebar dengan bentuk daun yang bergelombang dan berurat (urat daun kelihatan menonjol).

Nama,mangga mahatir sendiri mengambil nama mahatir,yaitu seorang mantan Perdana Menteri Malaysia yang dikenal sebagai “orang kuat” yang mana beliau telah berkuasa cukup lama di Malaysia.

Daun mangga mahatir ini juga mempunyai beragam ciri khas lainnya,yaitu jika sepotong kecil daun tua diremas di antara ibu jari dan jari telunjuk, maka seketika akan mengeluarkan aroma yang sangat khas,berbau sengir dan bau itu pada umumnya tidak dimiliki oleh varietas-varietas mangga jenis lain.

Jika mangga jenis lain mempunyai percabangan dan juga ranting yang tumbuh ke atas atau samping,maka percabangan dan juga ranting pada mangga jenis mahatir ini cenderung lemas dan juga tumbuh hingga pada akhirnya menjuntai ke bawah,oleh karena itu pengaturan arah pada pertumbuhan cabang dan juga ranting ini harus dilakukan seawal mungkin dengan cara mengikat pada bagian cabang/ranting pada ajir bambu.

Jika tanaman mangga mahatir ini tumbuh membesar,maka perlu adanya pemberian sebuah para-para penyangga yang terbuat dari bambu atau juga  bisa dengan bahan kayu,yang nantinya akan membuat arah pertumbuhan cabang dan juga ranting muda menjadi lebih teratur dan mengalami pertumbuhan yang lebih baik.

Mangga mahatir tergolong mangga genjah karena relatif mudah berbunga dan berbuah pada umur tanaman yang masih muda, karena dari bibit pertama ukuran sejengkal yang tumbuh dengan cepat.

Untuk caranya diambil dari beberapa entres dan entres tersebut kemudian disambungkan ke batang bawah mangga lokal berukuran sejempol tangan orang dewasa, kemudian calon bibit baru tersebut langsung saja untuk di tanam ke dalam pot, lalu kemudian bibit itu dalam waktu kurang dari sebulan akan mampu berbunga dan akan berbuah kurang dari satu setengah tahun pasca sambung.

Sementara bibit pertama sedikit lebih lambat berbunga, kurang dari 2 tahun. Hal ini dapat terjadi dikarenakan adanya  bibit yang ditanam pertama tersebut pada bagian bawah masih berumur cukup muda,lebih kurang berukuran sebesar batang pensil.

Namun,secara umum tanaman mangga mahatir ini relatif sangat mudah untuk berbunga dan juga rajin berbuah meskipun dengan cara bibit disambungkan ke bagian batang bawah mangga lokal yang berukuran  lebih kecil.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>