CARA MEMBUAT MEDIA TANAM DARI POLYBAG

Kegiatan bercocok tanam adalah jenis kegiatan yang menyenangkan dan bisa jadi sarana yang baik untuk rekreasi. Untuk menjalankan kegiatan bercocok tanam , kita perlu media untuk meletakkan tanaman kita.

Media tanam sendiri kali ini kami akan membahas media tanam yang biasa digunakan sangat beragam, ada yang secara langsung di tanah, ada sistem hidroponik, ada yang menggunakan ataupun ada yang paling sederhana yaitu menggunakan polybag.

Dan pada kesempatan kali ini kami akan membahas bagaimana cara menanam sayuran dengan media polybag. Tapi sebelumnya siapkan dulu bahan dan alat yang diperlukan yaitu : tanah, humus kompos, arang sejam, dan serabut kelapa.

Baca juga nih Manfaat Tanaman Hias

Jika alat dan bahan sudah siap, anda juga harus tahu dulu syarat media tanam yang baik harus memiliki;

  1. Menyediakan ruang untuk akar tanaman bisa tumbuh, dengan cara menyediakan media tanam yang gembur agar tanaman bisa tumbuh sempurna.
  2. Memiliki porositas yang baik agar bisa menyimpan air dan memiliki drainase serta aerasi yang baik.
  3. Menyediakan unsur hara yang baik.
  4. Media tanam yang digunakan harus bebas dari berbagai hama dan penyakit.

Setelah mengetahui syarat yang baik untuk media tanam, sekarang saatnya beranjak ke cara menyiapkan media tanam polybag :

  1. Siapkan wadah untuk mencampur semua bahan yang diperlukan.
  2. Ambil tanah yang gembur, subur dan dalam keadaan kering. Ayak tanah tersebut sehingga jadi butiran yang halus
  3. Ayak kompos yang sudah disiapkan sampai halus, kemudian masukan setelah kompos menjadi butiran halus.
  4. Jika sudah selanjutnya bisa memasukkan arang sekam.
  5. Campur semua tanah, kompos dan arang sekam dengan komposisi tanah 2 sekop, kompos 1 sekop, sekam arang 1 usahakan selalu menggunakan perbandingan 2:1:1 kemudian aduk hingga rata.
  6. Siapkan polybag dan masukan campuran diatas kedalam ya media tanam polybag siap digunakan.

Dan itulah cara sederhana untuk menyiapkan media tanam polybag sebagai wadah agar tanaman bisa tumbuh. Semoga sedikit informasi dan tips ini bisa berguna bagi anda

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>